Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Cara Mudah Mengetik Tulisan Arab di Photoshop

Menulis Huruf Hijaiah atau Tulisan Arab Di Photoshop

Membuat tulisan Arab di Photoshop — Photoshop merupakan perangkat lunak pengolah gambar. Salah satu aplikasi yang cukup populer yang dikembangkan oleh Adobe System. Photoshop memiliki banyak kelebihan serta dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mendukung penggunanya. Adobe Photoshop saat ini telah digunakan secara luas baik secara dasar maupun untuk penggunaan secara profesional.

Sebagai salah satu pengolah gambar, Photoshop tentunya didukung dengan fitur penambahan teks dan type management. Hal tersebut memungkinkan penggunanya untuk menambahkan teks dalam gambar yang diolah. Namun bagi orang Indonesia yang pada dasarnya menggunakan huruf latin dalam penulisannya hal tersebut tidak menjadi masalah sebab sebagian besar perangkat lunak menggunakan pengaturan dasar dengan tulisan latin seperti yang kamu baca saat ini. Namun bagaimana untuk tulisan yang tidak latin? Seperti huruf Hijaiah dari Arab, aksara Han dari Cina & Tionghoa, Aksara Katakana, Hiragana, dan Kanji dari Jepang bahkan aksara Hangul dari Korea.

Pada dasarnya aksara non-latin tersebut telah didukung oleh perangkat PC pada umumnya. Agar penggunaannya dapat meluas secara internasional pengembangan PC telah mampu mengatasi berbagai aksara yang berbeda-beda yang digunakan berbagai negara diseluruh dunia. Hal tersebut tentunya harus didukung oleh perangkat lunak yang juga digunakan secara luas di berbagai negara, tanpa terkecuali Photoshop. Perangkat lunak yang penggunaannya sudah amat meluas. Aplikasi Photoshop telah mendukung seluruh aksara yang dapat dikenali program PC, tanpa terkecuali tulisan Arab yang merupakan salah satu bahasa tertua di dunia.

Berbeda dengan huruf non-latin lainnya, huruf Arab atau disebut sebagai huruf Hijaiah. Pada umumnya kita mungkin terbiasa menulis dari kiri ke kanan, namun seperti yang kita ketahui bahwa huruf Hijaiah ditulis dengan arah penulisan yang berbeda yakni dari kanan ke kiri. Menurut sejarah hal tersebut dipengaruhi awal penggunaan tulisan Arab yang dipahat pada kayu dan batu. Akibatnya pemahat yang menggunakan tangan kanan sebagai pemegang palu dan tangan kiri sebagai pemegang pisau pahat akan kesulitan bila memahat dari kiri ke kanan. Oleh karena itu beberapa perangkat lunak memberikan pengaturan khusus untuk tulisan dengan arah penulisan yang berbeda. Hal tersebut untuk mendukung penggunaan aksara yang berbeda-beda pada satu perangkat lunak.

Mengatur Text Engine Tulisan Arab di Photoshop

Jika kamu bertanya, apakah Photoshop mendukung penulisan huruf Hijaiah!? Jawabannya tentu saja ya. Photoshop mendukung seluruh jenis huruf yang kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan, termasuk huruf Hijaiah Arab. Lalu bagaimana menggunakannya? Terlebih dahulu kamu perlu mengubah pengaturan preferensi penulisan yang digunakan Photoshop.

edit preferences type photoshop

Setelah itu akan muncul jendela pengaturan preferensi pada Photoshop. Pada bagian mesin teks (Choose Text Engine Options) silakan ganti dari East Asian menjadi Middle Eastern. Perubahan pengaturan ini memerlukan pemulaian ulang terhadap aplikasi Photoshop. Oleh sebab itu setelah mengubah jenis mesin teks yang digunakan keluar dari aplikasi Photoshop kamu lalu mulai membuka ulang aplikasi tersebut.

Middle Eastern Photoshop - Menulis Huruf Hijaiah atau Tulisan Arab Di Photoshop

Setelah melakukan perubahan pengaturan mesin teks, secara otomatis kamu sudah dapat melakukan pengetikan teks dengan menggunakan huruf Arab. Namun hal tersebut tidak secara otomatis dapat dilakukan, kamu memerlukan jenis layout keyboard yang sesuai. Artinya kamu perlu mengatur bahasa penulisan pada PC kamu untuk mendukung penulisan huruf Arab secara langsung melalui Photoshop.

Tulisan Arab di Photoshop dengan ArabicPad

Namun tentunya hal tersebut akan cukup mengganggu jika kamu harus mengubah pengaturan bahasa penulisan setiap kali perlu menulis dengan jenis penulisan yang berbeda. Seperti jika kamu telah mengatur bahasa penulisan pada PC kamu menggunakan bahasa Indonesia. Kamu akan merasa kesulitan jika harus sering-sering mengubah bahasa penulisan menjadi Arabic. Tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi khusus untuk menulis huruf Hijaiah, contohnya kamu dapat menggunakan ArabicPad. Silakan baca posting tentang cara menggunakan ArabicPad.

how to use ArabicPad for Photoshop, cara membuat tulisan Arab di Photoshop

Dengan mengubah pengaturan mesin teks yang digunakan pada Photoshop kamu sudah dapat memasukkan berbagai jenis aksara Timur Tengah pada aplikasi tersebut, termasuk tulisan Arab di Photoshop. Susunan teks tersebut tidak akan hancur seperti sebelumnya saat menggunakan mesin teks East Asian. Kamu dapat coba membandingkan hasil paste teks huruf Arab dengan dan tanpa perubahan mesin teks pada Photoshop.

Dengan menggunakan ArabicPad kamu dapat menulis huruf Arab secara langsung tanpa perlu mengubah bahasa penulisan pada PC kamu. Sebagai percobaan buatlah sebuah teks dengan huruf Arab menggunakan ArabicPad, setelah itu buka Photoshop yang telah menggunakan mesin teks Middle Eastern. Kemudian dengan menggunakan Horizontal Type Tool buatlah sebuah text layer dan salin teks yang kamu buat di ArabicPad lalu tempel pada aplikasi Photoshop. Lihatlah hasilnya, kamu sudah dapat menggunakan tulisan Arab di Photoshop.

Arabic type in Photoshop, menulis Arab di Photoshop

Kamu dapat menggunakan berbagai jenis font untuk mempercantik tampilan tulisan kamu. Font yang kamu gunakan haruslah font yang mendukung penulisan huruf Arab, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu dapat mencari berbagai jenis font Arabic Typography yang tersedia pada berbagai situs di internet.

1 komentar untuk "Cara Mudah Mengetik Tulisan Arab di Photoshop"