Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Membuat Halaman Statis Followers di Blogger

Membuat Halaman Statis Followers di Blogger

Fitur Follow/Ikuti di Blogger

Membuat Halaman Statis Followers di Blogger ― Salah satu fitur yang saat ini masih tersedia di Blogger adalah fitur follow, atau mengikuti. Merupakan bagian yang membuat Blogger seperti sebuah media sosial dimana penggunanya dapat berinteraksi satu sama lain. Fitur ini sebenarnya cukup bagus meskipun ada kemungkinan pada pembaruan mendatang fitur ini akan dihilangkan. Fitur followers di Blogger memungkinkan kita untuk mengikuti blog yang menarik atau disukai, sehingga ketika blog tersebut membuat posting baru, kita bisa langsung mengetahuinya.

Sebenarnya fitur semacam ini mempunyai fungsi yang kurang lebih sama dengan fitur subscription atau berlangganan melalui email dimana pengguna akan mendapatkan pemberitahuan saat ada posting baru pada sebuah blog melalui email.

Tetapi dalam posting kali ini kita akan lebih membahas tentang bagaimana menyajikan widget followers yang ada di blogger menjadi lebih menarik. Karena seperti yang diketahui bersama bahwa fitur followers di blogger ini hanya tersedia dalam bentuk widget, yaitu semacam sisipan yang biasanya ditambahkan pada sidebar atau footer blog.

Membuat Halaman Followers/Pengikut di Blogger

Oleh karena itu di sini akan dibahas tentang bagaimana menyajikan fitur followers tersebut dalam bentuk sebuah halaman statis. Meskipun dengan cara seperti ini pengunjung biasanya tidak langsung lihat ada fitur follow pada blog tersebut, tetapi tidak semua template blog terlihat cocok dipasangi widget ini berada di sidebar atau footer.

Sebenarnya ada alternatif lain agar pengunjung bisa dengan mudah diarahkan untuk follow sebuah blog, yaitu dengan memasang link yang mengarahkan pengunjung pada sebuah halaman followers. Link tersebut bisa dipasang lebih mencolok agar pengunjung bisa melihatnya dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk membuat dan memasang halaman followers pada blog kamu di Blogger.

Baiklan langsung saja ke cara pembuatannya. Terlebih dahulu perlu kamu ketahui bahwa fitur ini hanya bisa dibuat setelah kamu memasang widget followers, tetapi setelah prosesnya selesai widget tersebut tetap bisa dihapus tanpa mempengaruhi halaman yang telah dibuat. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Blogger lalu buka Tata Letak.
  2. Tambahkan sebuah Widget "Pengikut" di blog kamu dan langsung Simpan.
  3. Membuat Halaman Statis Followers di Blogger
  4. Setelah itu buka halaman blog kamu yang sudah terpasang widget followers, kemudian buka kode sumber halaman blog tersebut. Jika kamu menggunakan browser Google Chrome bisa dengan shortcut keyboard tekan CTRL + U (atau klik kanan View page source) dan akan tampil kode HTML blog kamu.
  5. Selanjutnya kamu perlu menemukan kode yang digunakan oleh widget followers tersebut, untuk lebih mudahnya cukup cari kata Followers1-wrapper pada halaman kode HTML tersebut.
  6. Setelah ditemukan, copy semua kode penyusun widget tersebut, biasanya bentuknya seperti berikut ini (yang di copy bukan kode di bawah ini, tapi yang dari blog kamu).
  7. <div id='Followers1-wrapper'>
    <div style='margin-right:2px;'>
    <div><script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script>
    <div id="followers-iframe-container"></div>
    <script type="text/javascript">
        window.followersIframe = null;
        function followersIframeOpen(url) {
          gapi.load("gapi.iframes", function() {
            if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) {
              window.followersIframe = gapi.iframes.getContext().openChild({
                url: url,
                where: document.getElementById("followers-iframe-container"),
                messageHandlersFilter: gapi.iframes.CROSS_ORIGIN_IFRAMES_FILTER,
                messageHandlers: {
                  '_ready': function(obj) {
                    window.followersIframe.getIframeEl().height = obj.height;
                  },
                  'reset': function() {
                    window.followersIframe.close();
                    followersIframeOpen("https://www.blogger.com/followers.g?blogID\x3d463555102746290209\x26origin\x3dhttps://hadpur.blogspot.com/\x26colors\x3dCgt0cmFuc3BhcmVudBILdHJhbnNwYXJlbnQaBjAwMDAwMCIGMDAwMDAwKgZGRkZGRkYyBjAwMDAwMDoGMDAwMDAwQgYwMDAwMDBKBjAwMDAwMFIGRkZGRkZGWgt0cmFuc3BhcmVudA%3D%3D");
                  },
                  'open': function(url) {
                    window.followersIframe.close();
                    followersIframeOpen(url);
                  }
                }
              });
            }
          });
        }
        followersIframeOpen("https://www.blogger.com/followers.g?blogID\x3d463555102746290209\x26origin\x3dhttps://maringngerrang.blogspot.com/\x26colors\x3dCgt0cmFuc3BhcmVudBILdHJhbnNwYXJlbnQaBjAwMDAwMCIGMDAwMDAwKgZGRkZGRkYyBjAwMDAwMDoGMDAwMDAwQgYwMDAwMDBKBjAwMDAwMFIGRkZGRkZGWgt0cmFuc3BhcmVudA%3D%3D");
      </script></div>
    </div>
    </div>
  8. Setelah kode seperti di atas sudah kamu temukan, selanjutnya kembali ke Blogger lalu buka "Halaman" dan buatlah sebuah halaman baru (dengan nama yang terserah sesuai yang kamu sukai) dan paste kode widget followers kamu pada halaman tersebut (pastikan paste dalam mode penulisan HTML).
  9. Selanjutnya simpan dan publikasikan halaman tersebut dan lihat hasilnya di blog kamu

Penutup

Setelah membuat halaman followers di atas, selanjutnya kamu bisa menghapus widget followers yang ada di Tata Letak jika kamu tidak ingin menampilkannya dalam bentuk widget. Selain itu tampilan halaman tersebut mungkin terkesan polos dan sederhana, oleh karena itu kamu bisa menambahkan kode CSS untuk mempercantik tampilan halaman widget followers tersebut.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat halaman statis di Blogger yang berisi daftar followers beserta halaman bagi pengunjung baru untuk follow blog kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan atau terdapat kekeliruan dalam tulisan ini dan perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Membuat Halaman Statis Followers di Blogger"